Kamis, 06 September 2012

Bangga Menjadi Indonesia


     Kita harus bangga menjadi bangsa Indonesia.Kenapa harus bangga?Padahal negeri ini penuh dengan korupsi, nepotisme, dan kejadian buruk lainnya.Pernahkah kalian terpikir kenapa kalian bisa lahir di Indonesia?Kenapa tidak lahir di Negara-negara maju lainnya, seperti Qatar, USA, Jepang dan Negara-negara besar lainnya?Jawabannya cukup sederhana.Pada Sila pertama Pancasila telah dijelaskan”Ketuhanan yang Maha Esa”, sudah jelas bahwa kita hanya memiliki 1 Tuhan.Tuhan yang Maha Esa.Menurut saya kita dilahirkan di sini karena memang Allah menghendakinya seperti itu, untuk memajukan bangsa ini, bangsa Indonesia.Begitu banyak kejahatan-kejahatan politik di pemerintahan.Kenapa kita tidak berusaha untuk memperbaiki memajukan bangsa demi tercapainya kemakmuran dan kemajuan Negara ini.

                                  Candi Borobudur salah satu 7 keajaiban dunia
         
            Dari dulu kita telah mengalami tragedi-tragedi ketika Indonesia merdeka sampai sekarang yang sedang maruk-maruknya untuk korupsi.Wakil-wakil rakyat kita tampak tidak ada kepeduliannya terhadap Negara ini. Contohnya saja ketika diberita kita bisa lihat, disaat sidang paripurna ada yang tidur dan ada juga yang tidak datang. Apakah mereka mencerminkan cinta terhadap bangsa Indonesia?
            Bangsa kita butuh pemimpin yang jujur, adil, peduli terhadap rakyatnya, dan yang paling penting adalah memiliki kemampuan dalam memimpin suatu manajemen. Tapi apa? Pemimpin kita hanya memikirkan perut sendiri sampai besar tanpa memperdulikan rakyat-rakyatnya yang miskin, tidak memiliki rumah, bahkan untuk makan saja mereka dari tempat-tempat sampah.
            Karena dari itu, kita sebagai pemuda-pemudi Indonesia harus memikirkan bagaimana cara kita untuk memajukan bangsa kita ini bangsa Indonesia. Bukan untuk semakin menjatuhkan, menjerumuskan ke dalam keterpurukan ini. Pikirkan bahwa Indonesia itu BISA. Kita sudah banyak meraih prestasi. Beberapa prestasi yang dapat kita raih adalah Indonesia adalah Negara ke 53 yang meraih gelar “Seven Summit” dan prestasi anak Indonesia yang meraih medali emas pada olimpiade fisika yang ke XXXVII. Sungguh dahsyat bukan?
            Tidak dari segi pendidikan kita saja yang berprestasi. Tetapi kita ini juga kaya akan sumber daya alam. Negara kita sumber pemasokan kayu, karet, kelapa sawit dan bahan baku lainnya serta pertanian. Hanya sumber daya manusia di Indonesia masih belum didukung oleh pemerintahan kita yang masih memikirkan perutnya masing-masing. Ini bukan emosi atau kebencian. Tetapi memang kenyataannya kebanyakan wakil-wakil rakyat kita seperti itu. Kalau mereka seperti itu dan sulit untuk berubah karena kemungkinan hati mereka telah dikunci oleh Allah swt. Sehingga lupa akan jabatan dan penghasilan yang mereka dapat adalah dari Allah swt.
            Maka dari itu kita sebagai genereasi penerus bangsa harus memiliki rasa cinta terhadap Negara ini, peduli terhadap Negara ini dan mencegah aliran-aliran sesaat yang ada pada Negara ini serta permasalahan-permasalahan lainnya yang ada pada Negara ini. Kalau bukan kita yang harus merubah Negara ini menuju yang lebih baik lagi, siapa lagi? Indonesia butuh kita, Indonesia butuh generasi muda yang mau berjuang untuk bangsanya sendiri. Bukan untuk menjauthkan Negara ini.
            Kita harus bangga memiliki Negara sendiri walaupun Negara tersebut dalam keterpurukan. Karena kita dilahirkan di Negara ini. Negara pun menerimanya. Coba kalu Negara tidak menerima kelahiran kita. Bahkan kita tidak akan ada yang mengurus kita. Kita harus bersyukur apa yang telah diberikan oleh Allah kepada kita, dan Negara kita telah memberikan kita tempat tinggal. Tempat kita dibesarkan, tempat kita akan menempuh perjuangan hidup demi membela bangsa dan Negara.
            Kita harus bangga terhadap bangsa Indonesia. Negara kita merupakan kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau (termasuk 9.634 pulau yang belum diberi nama dan 6.000 pulau yang tidak berpenghuni). Di sini ada 3 dari 6 pulau terbesar di dunia, yaitu : Kalimantan (pulau terbesar ketiga di dunia dengan luas 539.460 km2), Sumatera (473.606 km2) dan Papua (421.981 km2).
Selain kita memiliki pulau-pulau terbesar di dunia, kita juga memiliki rekor yang mendunia dan tidak dimiliki oleh Negara-negara lain. Berikut adalah beberapa rekor dari Negara tercinta Indonesia :
·         Indonesia adalah Negara maritim terbesar di dunia dengan perairan seluas 93 ribu km2 dan panjang pantai sekitar 81 ribu km2 atau hampir 25% panjang pantai di dunia.
·         Pulau Jawa adalah pulau terpadat di dunia dimana sekitar 60% hampir penduduk Indonesia (sekitar 130 juta jiwa) tinggal di pulau yang luas hanya 7% dari seluruh wilayah RI.
  • Indonesia merupakan Negara dengan suku bangsa yang terbanyak di dunia. Terdapat lebih dari 740 suku bangsa /etnis, dimana di Papua saja terdapat 270 suku.
  • Negara dengan bahasa daerah terbanyak yaitu, 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan berbagai suku bangsa di Indonesia. Bahasa nasional adalah bahasa Indonesia walaupun bahasa daerah dengan jumlah pemakai terbanyak di Indonesia adalah Jawa.
  • Indonesia adalah Negara muslim terbesar di dunia. Jumlah pemeluk agama Islam di Indonesia sekitar 216 juta jiwa atau 88% dari penduduk Indonesia. Juga memiliki jumlah masjid terbanyak dan Negara asal jamaah haji terbesar di dunia.
  • Candi terbesar di dunia yaitu, Candi Borobudur di Jawa Tengah dengan tinggi 42 meter (10 tingkat) dan panjang relief lebih dari 1 km. Diperkirakan dibangun selama 40 tahun oleh Dinasti Syalilendra pada masa kerajaan Mataram Kuno (750 – 850).
  •  Tempat ditemukannya manusia purba tertua di dunia, yaitu Pithecanthorpus Erectus yang diperkirakan berasal dari 1,8 juta tahun yang lalu.
  • Indonesia adalah Negara pertama yang lahir sesudah berakhirnya perang dunia II pada tahun 1945. Indonesia merupakan Negara ke 70 tertua di dunia.
  • Indonesia adalah Negara pertama (hingga kini satu-satunya) yang pernah keluar dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) pada tanggal 7 Januari 1965. Indonesia bergabung kembali ke dalam PBB tahun 1966.
  • Tim bulutangkis Indonesia adalah yang terbanyak merebut lambing supremasi bulutangkis pria, Thomas Cup, yaitu sebanya 13 kali (pertama kali tahun 1958 & terakhir 2002)
  • Indonesia adalah penghasil gas alam cair (LNG) terbesar di dunia (20% dari suplai seluruh dunia) juga produsen timah terbesar kedua.
  • Indonesia menempati peringkat 1 dalam produk pertanian yaitu, cengkeh (cloves) dan pala (nutmeg), serta nomor dua dalam karet alam (Natural Rubber) dan minyak sawit mentah (Crude Palm Oil)
  • Indonesia adalah pengekspor terbesar kayu lapis (plywood), yaitu sekitar 80% di pasar dunia.
  • Terumbu Karang (Coral Reef) Indonesia adalah yang terkaya (18& dari total dunia).
  • Indonesia memiliki species ikan hiu terbanyak di dunia yaitu 150 species.
  • Biodiversity Anggrek terbesar di dunia. 6 ribu jenis anggrek, mulai dari yang terbesar (Anggrek Macan atau Grammatophyllum Speciosum) sampai yang terkecil (Taeniophyllum, yang tidak berdaun), termasuk Anggrek Hitam yang langka dan hanya terdapat di Papua.
  • Memiliki hutan bakau terbesar di dunia. Tanaman ini bermanfaat untuk mencegah pengikisan air laut/abrasi.
  • Binatang purba yang masih hidup : Komodo yang hanya terdapat di pulau Komodo, NTT adalah kadal terbesar di dunia. Panjangnya bisa mencapai 3 meter dan beratnya 90 kg.
  • Raffles Arnoldi yang tumbuh di Sumatera adalah bunga terbesar di dunia. Ketika bunganya mekar, diameternya mencapai 1 meter.
  • Memiliki primata terkeci; di dunia, yaitu Tarsier Pygmy (tarsius Pimilus) atau disebut juga Tarsier Gunung yang panjangnya hanya 10 cm. Hewan mirip monyet dan hidupnya di atas pohon ini terdapat di Sulawesi.
  • Tempat ditemukannya ular terpanjang di dunia yaitu, Phython Reticulates sepanjang 10 meter di Sulawesi.
  • Ikan terkecil di dunia yang ditemukan baru-baru ini di rawa-rawa berlumpur Sumatera, Panjangnya 7,9 mm ketika dewasa atau kurang lebih sebesar nyamuk. Tubuh ikan ini transparan dan tidak mempunyai tulang kepala.

Sebenarnya masih ada banyak lagi yang perlu dibanggakan, tetapi kita tidak harus membanggakan saja. Kita juga harus berkreasi maupun berinovasi dengan pengetahuan-pengetahuan yang kita miliki. Mari kita bangkitkan negeri ini dari keterpurukan dan penjajahn dari bangsa lain secara tidak langsung. Tingkatkan Ilmu Pengetahuan, banyak-banyaklah kita beriman dan mengamalkan perintah Allah, dan yang paling penting adalah niat untuk membangun bangsa kita ini Bangsa Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar